Puisi: Sebuah Doa untuk Malam Ini (Karya Muhammad Rois Rinaldi)

Puisi "Sebuah Doa untuk Malam Ini" menyoroti ketidakadilan sosial, kebijakan pemerintah, dan kondisi kehidupan rakyat yang semakin sulit.
Sebuah Doa untuk Malam Ini

Sembilan februari dua ribu dua belas, sebuah pinta dari aktivis mahasiswa jambi 
"malam ini kawan, mari berdoa agar SBY terusir dari tanah jambi" katanya.

Jadi teringat seorang kakek yang membawa gerobak sampah mengelilingi kota, baginya pidato presiden tak lebih dari ladang subur, sebab sampah-sampah berserakan di mana-mana, ia tak pernah digelisahkan oleh kemenangan siapa pun!

Aku begitu iri padanya, meluluh sosok ke lorong-lorong kumuh dan tidur di atas kardus di bawah purnama. Lantas sebuah angin mengirimkan gumamnya padaku, katanya ia kerap berdoa, ya! Satu doa untuk mengalungkan kembang hitam di atas nisan presiden sebelum ia terkubur umur.

Duh gusti...! Salah siapa, siapa yang salah? Kita telah bosan mencari jawaban selain berdoa, sedangkan anjing-anjing dibiarkan membuang liur di mana-mana, kadang kita pun turut di belakangnya, kadang berbulu dan membuang kotoran di wajah sendiri. Lantas menangis di kamar mandi, bersikeras bersuci sedangkan dalam ember hanya ada air kencing!

Cilegon, Banten, 9 Februari 2012

Analisis Puisi:

Puisi "Sebuah Doa untuk Malam Ini" karya Muhammad Rois Rinaldi adalah sebuah karya sastra yang sangat menggugah dan penuh dengan kritik sosial. Dengan menggunakan gaya bahasa yang lugas dan simbolisme yang kuat, penyair menyoroti ketidakadilan sosial, kebijakan pemerintah, dan kondisi kehidupan rakyat yang semakin sulit. Dalam puisi ini, doa bukan hanya menjadi sebuah harapan spiritual, tetapi juga sebagai bentuk protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di sekitar.

Latar Belakang dan Konteks Sosial

Puisi ini dimulai dengan sebuah kutipan dari seorang aktivis mahasiswa yang berdoa agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terusir dari tanah Jambi. Kalimat ini membawa kita pada sebuah latar sosial-politik yang penuh dengan ketidakpuasan terhadap kondisi sosial dan pemerintahan pada masa itu. Pidato presiden dianggap tidak lebih dari sekadar kata-kata kosong yang tidak membawa perubahan bagi kehidupan rakyat. Dalam puisi ini, penyair menyoroti bagaimana sebagian orang merasa bahwa perjuangan mereka, termasuk doa-doa mereka, tidak membuahkan hasil, karena keadaan sosial yang tidak kunjung membaik.

Simbolisme Sampah dan Gerobak: Kritik terhadap Pemerintahan

Dalam bagian selanjutnya, penyair menggambarkan seorang kakek yang membawa gerobak sampah mengelilingi kota. Kakek ini tidak terganggu dengan pidato presiden, karena bagi dia, sampah-sampah tetap berserakan di mana-mana. Gambaran kakek yang bekerja tanpa henti meskipun pemerintah mengeluarkan banyak pidato simbolis ini menggambarkan ketidakpedulian pemerintah terhadap masalah-masalah sosial yang nyata di lapangan. Sampah yang berserakan adalah simbol dari ketidakberesan dan kebersihan yang terabaikan dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, gerobak sampah yang didorong kakek ini menjadi lambang bagi banyak orang yang hidup dalam kondisi kumuh dan terpinggirkan.

Kehidupan kakek yang tampaknya lebih terfokus pada bertahan hidup, bahkan tanpa mengharapkan perubahan besar dari pemerintahan, menjadi gambaran dari ketidakberdayaan rakyat kecil. Ia tidak tertarik pada kemenangan siapa pun dalam politik, karena bagi kakek tersebut, yang terpenting adalah bertahan hidup dan menjaga kehormatan dalam kesederhanaan. Puisi ini secara halus mengkritik sistem pemerintahan yang lebih sibuk dengan urusan politik daripada memperhatikan kesejahteraan rakyat yang sesungguhnya.

Simbolisme Doa: Protes dan Harapan yang Tertunda

Salah satu bagian penting dari puisi ini adalah doa yang disampaikan oleh kakek tersebut. Dalam sebuah gumaman angin, kakek itu berdoa untuk mengalungkan kembang hitam di atas nisan presiden sebelum ia terkubur oleh usia. Doa ini menggambarkan sikap pasrah dan sekaligus keputusasaan terhadap keadaan yang ada. Kembang hitam bisa diartikan sebagai simbol kematian atau kehancuran, dan ini menjadi semacam simbol penantian terhadap perubahan yang sulit datang.

Doa yang dimaksudkan bukan hanya doa yang bersifat religius, tetapi juga sebagai ekspresi protes terhadap ketidakadilan. Kembang hitam di atas nisan presiden menggambarkan harapan agar pemimpin yang dianggap gagal itu segera pergi. Meskipun demikian, doa tersebut juga menggambarkan kesulitan hidup yang terus berlangsung tanpa ada perubahan signifikan. Bahkan dalam keterbatasan, kakek tersebut tetap berdoa, sebagai satu-satunya bentuk kekuatan yang dimilikinya di tengah kesulitan hidup.

Kesedihan dan Ketidakberdayaan: Sebuah Ironi Sosial

Dalam bagian akhir puisi, terdapat sebuah penggambaran yang sangat kuat dan memilukan tentang kondisi masyarakat yang terbuang, terpinggirkan, dan tak mendapat perhatian. Penyair menggunakan metafora anjing-anjing yang membuang liur di mana-mana, dan manusia yang kadang-kadang ikut terperosok dalam keadaan tersebut. Di sini, penyair mengkritik bagaimana manusia, dalam kesedihan dan ketidakberdayaannya, sering kali terjebak dalam pola hidup yang kotor dan penuh penderitaan. Mereka merasa terasing dan tidak mampu lagi melihat jalan keluar dari penderitaan mereka.

Puisi ini menyampaikan bahwa meskipun banyak orang menangis dan berusaha bersuci, mereka tetap terperangkap dalam kondisi yang kotor dan penuh kekecewaan. Air kencing yang ada dalam ember menjadi simbol dari ketidakberhasilan upaya-upaya tersebut, sebuah ironi yang menggambarkan betapa banyaknya usaha yang sia-sia, dan bagaimana kesulitan hidup terus menerus menghantui tanpa ada jalan keluar yang jelas.

Pesan Kritik Sosial dalam Puisi

Melalui puisi ini, Muhammad Rois Rinaldi mengungkapkan kritik tajam terhadap pemerintahan yang dianggap tidak peka terhadap masalah rakyat. Dengan menggunakan simbol-simbol seperti sampah, kembang hitam, dan air kencing, penyair berhasil menggambarkan sebuah realitas sosial yang penuh ketidakadilan dan penderitaan. Doa dalam puisi ini tidak hanya menjadi bentuk permohonan kepada Tuhan, tetapi juga sebagai ekspresi protes terhadap ketidakmampuan dan ketidakpedulian para pemimpin terhadap rakyatnya.

Selain itu, puisi ini juga berbicara tentang ketidakberdayaan individu dalam menghadapi sistem yang ada. Kakek yang berdoa di malam hari dan terus berjuang dengan kehidupan yang keras adalah simbol dari rakyat yang berusaha bertahan hidup meskipun dihadapkan pada ketidakadilan dan kekurangan. Puisi ini mengingatkan kita bahwa meskipun banyak doa yang dipanjatkan, jika tidak ada perubahan sistemik yang nyata, maka doa tersebut akan tetap menjadi harapan yang belum terkabulkan.

Puisi "Sebuah Doa untuk Malam Ini" karya Muhammad Rois Rinaldi adalah sebuah karya sastra yang kaya akan kritik sosial dan refleksi tentang kehidupan yang penuh penderitaan. Penyair dengan tajam menggambarkan ketidakadilan sosial dan ketidakpedulian pemerintah terhadap rakyatnya. Doa yang disampaikan dalam puisi ini tidak hanya berfungsi sebagai permohonan spiritual, tetapi juga sebagai bentuk protes terhadap ketidakadilan yang terjadi. Dengan menggunakan simbolisme yang kuat dan bahasa yang lugas, puisi ini berhasil menyampaikan pesan yang mendalam tentang realitas sosial yang perlu diperbaiki.

Muhammad Rois Rinaldi
Puisi: Sebuah Doa untuk Malam Ini
Karya: Muhammad Rois Rinaldi

Biodata Muhammad Rois Rinaldi:
  • Muhammad Rois Rinaldi lahir pada tanggal 8 Mei 1988 di Banten, Indonesia.
© Sepenuhnya. All rights reserved.