Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk masa depan karena masa depan ada di tangan kita sendiri, kita yang menentukan akan seperti apa ...

Salah satu hal yang sangat penting dan harus dimiliki manusia dalam hidupnya adalah pendidikan. Pendidikan dapat membentuk seseorang sehingga memiliki rasa atau nilai yang luhur dalam dirinya, bertanggung jawab, disiplin, moderat, dan toleransi. Di samping fungsi utama dari pendidikan itu sendiri yaitu memberikan keterampilan serta pengetahuan terhadap setiap yang terlibat di dalamnya. 

Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Pendidikan merupakan salah satu upaya kita untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di negara kita yaitu Indonesia. Yang mana kita ketahui bersama, bahwasanya dengan seseorang mengenyam bangku sekolah, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini.

Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Maka ada pepatah mengatakan bahwa “Belajar itu tidak ada batasannya, hidup sampai tua, belajar sampai tua”. Dengan pendidikan semua orang selama hidupnya harus belajar, belajar itu tidak mengenal waktu dan tempat. Pada umumnya manusia dilahirkan sama, kelak kita akan menjadi orang sukses atau tidak itu tergantung pada diri kita sendiri. Dengan itu maka pendidikan sangat penting untuk menentukan masa depan kita, karena dengan pendidikan kita menjadi banyak mempunyai peluang untuk kita mudah mencari pekerjaan dan pendidikan juga sangat penting sekali bagi kehidupan masa depan untuk membangun generasi muda yang lebih baik.

Jenis-Jenis Pendidikan

Di dalam pendidikan terdapat dua jenis yang pertama yaitu ada pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal artinya pendidikan yang memiliki jalur pendidikan yang terstruktur yang terdiri atas pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan non formal yaitu pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara struktur bisa dilakukan di luar kelas seperti contohnya yaitu tempat kursus.

Peran Pendidikan untuk Masa Depan

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk masa depan karena masa depan ada di tangan kita sendiri, kita yang menentukan akan seperti apa ke depannya. Dengan pendidikan masa depan kita akan terarah dan dengan pendidikan juga kita mempunyai masa depan yang cerah.

Alasan mengapa pendidikan sangat penting untuk masa depan itu sendiri karena dengan pendidikan dapat membangun karakter yang baik, mempelajari budi pekerti dan hal-hal baik lainnya.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk karakter bangsa. Orang yang berpendidikan berbeda dengan orang yang tidak berpendidikan, karena dengan berpendidikan orang tersebut menjadi tahu bagaimana cara menghadapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Seseorang yang berpendidikan juga akan mengembangkan kepercayaan dirinya, berani tampil di depan umum dan menghadapi tantangan masa depan.

Dengan kita mengerti tentang pendidikan, maka kita akan mampu untuk membantu pemerintah untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan sehingga tidak banyak pengangguran yang ada di Indonesia. Begitu banyak hal penting yang didapat dari kita mengetahui makna pentingnya pendidikan tersebut.

Oleh karena itu, hendaknya kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan kita. Dan kita sebagai manusia terpelajar hendaknya mau memahami betul hal tersebut. Adapun pengertian, fungsi, dan macam-macam pendidikan itu sendiri.

Biodata Penulis:

Mahrozatus Syifa lahir pada tanggal 4 Juni 2004.

© Sepenuhnya. All rights reserved.