Pengaruh Konten TikTok terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Care

Kekurangan membeli produk di platfom online TikTok yaitu risiko penipuan barang palsu, karena jika ada produk yang sedang viral banyak sekali yang ...

Hai sobat cans! Pasti sudah nggak asing kan dengan perawatan kulit atau biasa disebut dengan body care. Nah, apa sih body care itu? Jadi body care adalah suatu produk kecantikan yang bisa merawat, melembabkan agar kondisi kulit dan tubuh terlihat lebih cerah. Dengan pemakaian body care secara rutin kulit terlihat lebih sehat dan terawat. Namun, kamu perlu memerhatikan kandungan produk body care yang akan kamu gunakan.

Jika berbicara mengenai body care, tahukah kamu bahwa body care tidak hanya seputar Body Lation saja, namun ada beberapa macam produk body care yang bisa digunakan. Antara lain, Body Gel, Body Cream, Body Butter, Body Oil, Body Mist, Body Milk, Body Serum dan lainnya. Untuk itu kita perlu menggunakan body care untuk Kesehatan kulit.

Pengaruh Konten TikTok terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Care

Kesehatan kulit juga berperan penting dan sangat diperhatikan oleh pria maupun wanita, karena kulit yang dijaga dan dirawat membuat tingkat kepercayaan diri seseorang dalam berpenampilan. Nah, dalam hal ini body care sangat diminati oleh banyak orang dari wanita maupun pria. Dengan beredarnya produk kecantikan kulit melalui konten TikTok dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian body care.

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang penting untuk dirawat. Banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit tubuh misalnya paparan sinar matahari, bahan-bahan kimia, bahkan alergi terhadap berbagai bahan produk kecantikan yang digunakan sehingga merusak kulit tubuh. Untuk menjaga kulit dari kuman, bakteri, jerawat, perawatan tubuh sangat dibutuhkan sehingga kulit selalu cantik dan sehat.

Salah satu brand perawatan kulit tubuh lokal yang sempat viral dan mencuri perhatian yaitu produk Grace and Glow. Produk tersebut terus berinovasi menghadirkan rangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit tubuh masyarakat. Body Lotion merupakan produk unggulan dari Grace and Glow, yang tidak hanya melembabkan tubuh namun juga dinilai memiliki aroma parfum high and yang wangi.

Namun tidak hanya itu saja, penjualan produk tersebut sudah tersebar di Indonesia terutama pada aplikasi belanja (TikTok Shop). Bahkan di setiap penjual yang memiliki toko di TikTok Shop yang menjual produk kecantikan mereka memasarkan produk Body Serum tersebut. Dari yang saya amati data penjualan produk Body Serum telah terjual hingga 831.1k+ secara online di dalam satu toko.

Grace and Glow Brightening Sun Body Serum yang merupakan body sunscreen pertama dengan wangi parfum branded/high end yakni Black Opium by YSL (yves saint laurent). Diformulasi dengan Ingredients utama Alpha Arbutin memiliki fungsi untuk mencerahkan warna kulit tidak merata dan membuat kulit tampak bercahaya. Ekstrak Bearberry bekerja sebagai pencerah alami, membuat kulit lebih halus dan mengurangi tampilan bekas luka.

Bearberry merupakan ingredients baru yang merupakan alternatif natural yang merupakan bahan pencerah. Dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ sebagai pelindung dari sinar UV dan mencegah tanda penuaan dini. Sunscreen untuk badan yang memiliki tekstur body serum yang sangat ringan dan mudah menyerap. Galactomyces yang kaya vitamin dan amino acid membantu menguatkan, mencerahkan dan menghaluskan kulit untuk kulit yang lebih cerah dan glowing.

Tidak sedikitpun orang yang membeli produk Body Serum ini karena FOMO (Fear of Missing Out) sebab perasaan takut ketinggalan atau tertinggal sesuatu yang baru, yang sedang tren pada saat ini. FOMO merupakan istilah yang umum dirasakan oleh generasi muda yang 24/7 menggunakan media sosial.

Mengetahui produk dengan konten yang ada di TikTok menjadikan penasaran akan produk tersebut. Dan pada akhirnya banyak orang yang membeli produk ini di marketplace yang tersedia dalam aplikasi TikTok. Tentunya pasti ada kelebihan dan kekurangan ketika kita membeli produk tersebut secara online di platform online TikTok. Di antara kelebihan kita membeli barang atau produk secara online yaitu kita bisa tau keunggulan apa saja yang ada di dalam produk melalui review, bisa merawat kesehatan kulit, dan juga banyak penawaran dan promo menarik.

Kekurangan membeli produk di platfom online TikTok yaitu risiko penipuan barang palsu, karena jika ada produk yang sedang viral banyak sekali yang mendesain dengan sama. Namun ternyata barang itu KW atau barang tiruan. Kadang juga ada kualitas produk tidak terjamin seragam variasi penjual. Karena TikTok Shop merupakan platform yang terbuka untuk berbagai penjual, kualitas produk yang ditawarkan bisa sangat bervariasi. Tidak semua produk memiliki kualitas yang sama baiknya. Dan detail produk kurang lengkap. Tidak semua penjual memberikan informasi produk dengan lengkap dan detail. Hal ini bisa menyulitkan pembeli dalam membandingkan produk dari berbagai toko yang ada di dalam TikTok Shop.

Dengan begitu kita harus lebih aware tentang kondisi dan Kesehatan kulit kita. Perawatan tubuh bukan dikhususkan untuk Wanita saja namun untuk pria juga sangat perlu untuk merawat kulit tubuh agar terlihat sehat dan cerah pastinya. Untuk itu kita jangan sampai salah dalam memilih produk untuk kulit tubuh dan pastinya dengan membeli barang yang original di marketplace manapun.

Penulis: Qurrotul Uyun

© Sepenuhnya. All rights reserved.