Fenomena Dalgona Coffe yang Mengguncang Media Sosial pada Saat Pandemi

Sejarah mencatatkan bahwa sejarah Dalgona coffee mulai hilang dari negeri ginseng ketika sudah memasuki tahun 1980-an.

Tren minuman kekinian pada tahun 2020, saat terjadinya pandemi, mulai diramaikan dengan kemunculan Dalgona Coffe. Apalagi terjadinya lockdown membuat orang bosen di rumah. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk mencoba resepnya. Tapi sebelumnya, tahukah kamu apa sih minuman Dalgona Coffe itu? Dalgona Coffe adalah gabungan dai kopi instan, gula, dan air panas yang diaduk secara cepat lalu disajikan diatas krim susu.

Menarik ke belakang, asal-usul Dalgona coffee sudah ada dari Korea Selatan jauh sebelum tahun 2000-an. Dalgona sudah diciptakan pada tahun 1970-an hingga tahun 1990-an. Para pedagang membuat resep Dalgona sebagai permen dan menjualnya seharga 50 hingga 100 won per porsi. Uniknya dari Dalgona coffee, dulunya permen Dalgona ini dibuat dengan berbagai bentuk. Para pedagang akan memberikan tantangan kepada pembeli untuk memotong permen di luar bentuk yang diciptakan. Jika berhasil maka permen bisa dimakan gratis atau memperoleh uang.

Fenomena Dalgona Coffe yang Mengguncang Media Sosial

Sejarah mencatatkan bahwa sejarah Dalgona coffee mulai hilang dari negeri ginseng ketika sudah memasuki tahun 1980-an. Konon, semakin berkembangnya peradaban membuat pola pikir akan Dalgona bukanlah permen yang steril atau rentan dengan paparan kuman dan bakteri jahat.

Tren Dalgona coffe dimulai dari TikTok, dengan tagar #DalgonaCoffe yang mengumpulkan lebih dari 10 juta tampilan pada aplikasi pembuatan video tersebut. Tagar Dalgona Coffe tersebut pun menyebar hingga ke Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube lengkap degan resep video yang dibagikan oleh orang-orang agar bisa mencoba membuatnya.

Awal mula kopi ini menjadi pusat perhatian dari aktor Korea, Jung II Wo yang mengunjungi sebuah restoran di Makau. Sebuah sajian minuman mengingatkan pada dalgona. Kemudian, minuman Dalgona Coffe ini disajikan pertama kali sebelum menjadi resep yang viral di acara TV Korea Strats Top Recipe di Fun-Staurant. Sebelum tren ini menyebar di TikTok di bawah tagar #dalgonacoffechallenge sudah menyebar dahulu di saluran Youtube Korea Selatan.

Viralnya berdampak pada ekonomi industri makanan dan minuman untuk bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan Dalgona Coffe, seperti kopi instan dan gula meningkat secara signifikan. Hal ini memberikan dampak positif bagi industri makanan dan minuman serta, mendorong penjualan produk-produk tersebut dipasar. Bukan begitu saja banyak influencer dan pengguna biasa menggunakan minuman ini sebagai bahan untuk konten yang menarik, meningkatkan kreativitas dan popularitas akun mereka.

Dalgona Coffe adalah salah satu kopi yang mudah dibuat di rumah dan menggunakan perlengkapan, bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut ini cara membuat Dalgona Coffe di rumah:

  • Campurkan kopi instan dan gula.
  • Kocok menggunakan whishk atau mixer hingga mengembang dan berwarna keemasan.
  • Siapkan gelas, tuangkan susu, dan tambahkan es batu jika suka. 
  • Sendokkan campuran kopi yang telah dikocok di atas susu.
  • Aduk sebelum diminum.

Selama lockdown pasti banyak orang yang stres karena tidak bisa bepergian ke manapun dengan menyajikan Dalgona Coffe memberikan bentuk hiburan dan aktivitas positif selama masa-masa lockdown. Proses ini membuat dan menikmati minuman yang estetik dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan momen kecil kebahagiaan dalam keseharian yang menoton.

Penulis: Ayu Arfin Mumtazah

© Sepenuhnya. All rights reserved.