Pesona Coquette: Tren Fesyen Gen-Z Viral di TikTok!

Gaya Coquette yang popular di TikTok menunjukkan bagaimana fesyen bisa menjadi cara Gen-Z mengekpresikan diri. Melalui kombinasi keanggunan klasik ...

Di era digital ini tren fesyen terus mengalami perkembangan pesat. Hal ini mengikuti perubahan budaya dan penggunaan media sosial yang semakin luas. Salah satu tren yang baru-baru ini mencuri perhatian di kalangan Gen-Z adalah Coquette. Berawal dari platform TikTok yang kini menjadi salah satu media sosial paling populer. Gaya feminim, centil nan genit ini telah berkembang menjadi fenomena global.

Coquette berasal dari bahasa Prancis yang berarti “genit”. Coquette atau yang sering disebut Coquette-core menggambarkan esensi femininitas melalui keanggunan serta sentuhan manis dan ceria. Gaya ini sebenarnya telah eksis sejak era ke-18 Prancis. Coquette dipopulerkan oleh Marie Antoinette. Kini, Coquette kembali populer dengan sentuhan modern.

Coquette digemari karena daya tariknya yang unik dan menggemaskan. Gaya ini menggabungkan sentuhan Vintage dengan nuansa modern, menciptakan daya tarik besar bagi kalangan muda. Selain aspek estetika yang menonjol, gaya ini mengajak untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Nilai-nilai ini sangat relevan dan dijunjung tinggi oleh Gen-Z yang sangat menghargai kebebasan berekspresi dan individualitas.

Gaya Coquette dikenal dengan ciri khas seperti ruffle, pita, renda, dan mutiara. Gaya ini memberikan sentuhan feminim yang unik. Selain itu, gaya ini sering kali menonjolkan penggunaan warna-warna pastel lembut seperti putih, pink muda, krem, dan biru muda. Kombinasi ini menciptakan tampilan manis dan elegan. Coquette menjadi pilihan sempurna bagi para penggemar gaya dengan nuansa girly.

Contoh Mix and Match penggunaan gaya Coquette saat ini meliputi paduan blus berkerut dengan rok plisse yang menghadirkan nuansa feminim klasik. Puff Sleeve Blouse dengan rok A-line dengan warna-warna pastel yang menciptakan kesan menawan. Aksesori Vintage seperti pita rambut, yang merupakan aksesoris wajib untuk gaya Coquette. Klip rambut dengan warna pastel atau motif floral dan perhiasan mutiara memberikan sentuhan feminim. Sepatu Mary Jane dan Ballet Flats kerap menjadi pilihan yang cocok untuk melengkapi gaya Coquette.

Pesona Coquette

Selain itu, dapat mengaplikasikan riasan wajah yang natural dan segar dengan sentuhan Soft Glam. Ini seperti menggunakan foundation yang ringan, penggunaan eyeshadow dengan warna-warna netral seperti coklat muda atau peach, sedikit blush on untuk memunculkan rona segar, dan lipstik dengan warna natural atau soft pink. Parfum dengan aroma floral atau fruity yang manis dan feminim juga menambah sentuhan akhir yang menyempurnakan gaya Coquette.

Popularitas Coquette di TikTok didorong oleh content creator yang aktif memamerkan gaya ini melalui video yang mereka unggah. Video-video TikTok yang menampilkan gaya Coquette, seperti video tutorial, OOTD, dan transformasi fesyen, mampu menarik perhatian penonton dengan cepat. Tak hanya itu, beberapa pengguna TikTok dengan jumlah pengikut besar juga memengaruhi cara berpakaian Gen-Z. Mereka tidak hanya berbagi tips dan inspirasi tentang cara menerapkan gaya Coquette. Mereka juga memberikan tutorial mulai dari memilih pakaian yang tepat, mengombinasikan aksesori, hingga teknik makeup untuk menciptakan tampilan yang selaras. 

Algoritma cerdas Tiktok sangat efektif dalam memperluas penyebaran konten dengan sangat cepat. Algoritma TikTok berperan dalam meningkatkan popularitas gaya Coquette di kalangan Gen-Z. Platform ini menggunakan sistem pembelajaran mesin canggih untuk memahami preferensi pengguna secara individu. Saat pengguna berinteraksi dengan Coquette, seperti memberi suka atau komentar, algoritma TikTok otomatis mendeteksi pola tersebut. Selanjutnya, algoritma TikTok akan merekomendasikan konten-konten serupa kepada pengguna tersebut, bahkan pengguna lain yang memiliki profil dan ketertarikan yang mirip.

Proses rekomendasi ini berlanjut secara kontinu, sehingga semakin banyak yang tertarik untuk mencoba tren. Pengguna yang sebelumnya tidak tertarik, dapat dengan mudah terpengaruh. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya konten Coquette yang ditemui. Inilah kekuatan algoritma TikTok dalam mendorong perluasan tren fesyen Coquette di kalangan Gen-Z.

Gaya Coquette yang popular di TikTok menunjukkan bagaimana fesyen bisa menjadi cara Gen-Z mengekpresikan diri. Melalui kombinasi keanggunan klasik dan sentuhan modern, Coquette mencerminkan bagaimana media sosial memengaruhi gaya hidup masa kini. Memahami tren ini juga mengungkapkan pentingnya kreativitas dan kebebasan berekspresi dalam mengekspresikan diri secara visual.

Biodata Penulis:

Ammara Khairunisa saat ini aktif sebagai mahasiswa, program studi Agribisnis, di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.