Rekomendasi Kegiatan buat Kamu selama Liburan Semester

Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat mengisi waktu liburanmu dengan produktif, mulai dari bekerja paruh waktu, memulai usaha, ...

Libur semester memang momen yang paling dinanti oleh para mahasiswa. Setelah melewati minggu-minggu penuh tugas dan ujian, kesempatan untuk bersantai dan mengisi ulang energi sangatlah penting. Namun, terlalu lama berada di rumah tanpa aktivitas bisa membuat rasa bosan menghampiri. Oleh karena itu, mencari kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan selama liburan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Rekomendasi Kegiatan buat Kamu selama Liburan Semester

Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat mengisi waktu liburanmu dengan produktif, mulai dari bekerja paruh waktu, memulai usaha, hingga mengikuti kegiatan volunteer. Semua kegiatan ini tidak hanya mengusir kebosanan, tetapi juga memberikan banyak manfaat yang bisa kamu bawa hingga masa depan.

1. Part-Time

Part-time bisa jadi salah satu jawaban buat kamu, nggak cuma ngisi waktu luangmu tapi juga bisa dapat cuan. Saat ini banyak cafe, rumah makan, atau tempat-tempat lain yang membuka part-time terutama buat para mahasiswa. Selain itu, part-time juga bisa menambah wawasan dan melatih skill kita dalam bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik.

Part-time dapat menambah pengalaman kita dan dapat dimasukkan dalam portofolio kita. Terutama jika kinerja kita baik, maka akan menjadi poin plus. Dengan part-time kita juga dapat menambah networking sehingga lebih terlatih dalam membangun jejaring sosial dengan orang-orang penting. 

2. Mulai Usaha

Saat ini banyak sekali anak muda yang mulai berkarier di dunia bisnis. Mereka memulai dengan bisnis kecil-kecilan dulu. Ada banyak sekali ide usaha saat ini, tapi usaha yang paling baik merupakan usaha yang baru dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebagai anak muda kita hidup berdampingan dengan teknologi yang merupakan sumber informasi mengalir dengan deras. Sebagai generasi muda kita bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari ide bisnis dan menciptakan tren baru dikalangan anak muda. Saat ini bisnis tidak harus selalu dijalankan seperti dulu, bisnis bisa dilakukan hanya melalui sosial media.

Usaha memang membutuhkan modal, namun ada banyak usaha yang hanya membutuhkan sedikit modal. Kita bisa memulai berbisnis kecil-kecilan seperti berjualan di rumah, di pinggir jalan, ataupun berjualan online melalui aplikasi online shop ataupun sosial media. Memulai bisnis dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, yang utama yaitu niat. Tanpa niat dan tekad yang kuat, maka akan sulit untuk memulai sebuah usaha.

3. Ikut Kegiatan Volunteer

Kegiatan volunteer bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama liburan. Kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai macam kegiatan volunteer di sosial media seperti Instagram. Kegiatan ini biasanya akan membuka pendaftaran dan dilakukan seleksi.

Beberapa kegiatan volunteer sifatnya gratis dan sebagian menggunakan biaya pribadi. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat seperti pengalaman baru, relasi, Terdapat beberapa kegiatan volunteer yang diadakan hingga keluar pulau, ini bisa menjadi pengalaman baru yang membuat kita lebih terbuka dan mengerti dunia luar. Kegiatan ini membuat kita terbiasa dengan adanya perbedaan yang mencolok di lingkungan kita. Melatih kita agar tidak terkejut dengan dunia diluar sana.

Mengikuti kegiatan volunteer membuat kita berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai daaerah. Dengan ini kita dapat menambah relasi jejaring pertemanan sekaligus melatih softskill kita dalam berinteraksi dengan orang-orang. Kegiatan ini juga dapat melatih jiwa kepemimpinan kita serta kemampuan kita bekerjasama dalam sebuah kelompok. Skill ini dapat terlatih karena kita akan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki kepribadian serta pola pikir yang berbeda dengan kita.

Biodata Penulis:

Angger Ajeng Widya Paramesti lahir pada tanggal 4 November 2004.

© Sepenuhnya. All rights reserved.