Ada yang baru nih dari Songmont! Tas Elegan dengan Kualitas Terbaik

Playlist di Spotify Membangkitkan Semangat Nugas Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang mudah terdistrak sesuatu, mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas bisa menjadi halangan. Hal ini dikarenakan saat kita ....

Mengerjakan tugas menjadi salah satu rutinitas wajib para mahasiswa, terutama ketika sedang banyak praktikum, laporan praktikum, tugas dosen, dan tugas proyek. Banyak dari mahasiswa yang mengalami suntuk, booring, stres, jenuh. Tak jarang dari sekian banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan mendengarkan musik.

Musik yang diputar biasanya sesuai dengan kesukaan pendengarnya. Namun, musik yang biasanya didengarkan ketika mahasiswa mengerjakan tugas adalah musik yang ceria. Alasannya adalah musik ceria itu bisa meningkatkan mood, memberi semangat, dan terkadang memberi motivasi.

Salah satu aplikasi musik andalan untuk mendengarkan musik adalah Spotify. Mengapa Spotify? Karena di Spotify menyediakan berbagai macam musik dengan banyak genre yang dapat dipilih sesuai kesukaan mahasiswa. Spotify juga menyediakan fitur pemutaran gratis yang sangat membantu mahasiswa apalagi anak kost.

Spotify sendiri menyediakan fitur yang bernama playlist. Playlist merupakan fitur seperti folder yang isinya kumpulan lagu yang dapat dipilih sesuai kesukaan dan dapat diberi nama sendiri. Salah satu playlist di Spotify yang sedang booming adalah playlist "Centil Era". Playlist ini berisi lagu ceria yang biasanya diputar oleh kaum perempuan untuk mengerjakan tugas. Playlist ini dapat meningkatkan mood mahasiswa ketika sedang pusing-pusingnya bertempur dengan tugas. Mahasiswa yang mendengarkan lagu ceria ini tak jarang ikut bernyanyi hingga tugas pun selesai denga sendirinya.

Playlist di Spotify Membangkitkan Semangat Nugas Mahasiswa

Selain playlist "Centil Era", masih banyak kumpulan playlist lain yang dapat meningkatkan mood dan semangat mahasiswa ketika mengerjakan tugas. Playlist tersebut antara lain studi vibes. Playlist ini berisi lagu pop dan indie yang mempunyai tempo cenderung santai dan menenangkan. Playlist soundtrack belajar yang berisi soundtrack film popular. Playlist ini biasanya mengandung lagu-lagu yang dapat membuat mahasiswa bernostalgia sehingga dapat membantu tangka kefokusan. Koplo dan DJ JJ merupakan salah satu playlist yang sangat digemari mahasiswa. Pasalnya playlist ini banyak berisi musik koplo, jj full beat yang biasa lebih membangkitkan semangat. Masih banyak sekali playlist yang dapat dicari pada aplikasi Spotify sesuai dengan kesukaan para mahasiswa.

Ada juga tips untuk mahasiswa jika masih bingung memilih playlist yang tepat. Mahasiswa dapat mengenali dirinya sendiri dengan lebih suka mengerjakan tugas dengan musik energik, galau, ceria. Selain itu, suasana yang tercipta juga penting untuk membangkitkan semangat belajar sehingga harus memilih playlist sesuai dengan suasana belajar. Mahasiswa dapat menghindari musik yang bisa membuat hilang konsentrasi dan mengganggu focus belajar. Apabila merasa kurang cocok dengan playlist yang ditemukan, mahasiswa bisa mengganti playlist berbeda untuk menemukan yang cocok. Playlist di Spotify juga dapat dibuat sendiri sesuai dengan lagu yang cocok untuk menemani belajar mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang mudah terdistrak sesuatu, mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas bisa menjadi halangan. Hal ini dikarenakan saat kita terlalu menikmati musik yang sedang didengar biasanya tugas yang sedang dikerjakan menjadi tidak tersentuk karena asyik bernyanyi akhirnya tugas pun tidak selesai. Faktanya banyak juga mahasiswa yang tidak suka mendengarkan musik ketika mengerjakan tugas. Mereka terkadang lebih suka mengerjakan tugas dengan keadaan sepi senyap dan tidak terdapat orang banyak.

Musik menjadi salah satu partner belajar dan mengerjakan tugas oleh para mahasiswa. Ketika menemukan playlist Spotify yang tepat maka itu akan membangun semangat, meningkatkan fokus dan produktivitas mahasiswa. Sedangkan suka atau tidaknya mendengarkan musik ketika mengerjakan tugas adalah kenyamanan setiap orang, dan orang lain tidak bisa mengganggu kenyamanan tersebut.

Biodata Penulis:

Gita Nisa Auliya lahir pada tanggal 17 Agustus 2004 di Purworejo.

© Sepenuhnya. All rights reserved.