Mental Aman Main Game Jahanam

Mobile Legends Bang Bang merupakan game yang banyak diminati masyarakat Indonesia, dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa memainkan game ini.

Mobile Legends Bang Bang merupakan game yang banyak diminati masyarakat Indonesia, dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa memainkan game ini. Game ini masih menjadi salah satu game yang paling menarik di antara game-game MOBA baru yang bermunculan. Dikarenakan game ini seru, banyak dari mereka yang menghabiskan waktu untuk mati-matian meningkatkan rank atau peringkat.

Hal tersebut juga pernah aku alami, kali terakhir aku bermain Mobile Legends untuk menaikkan rank hingga lupa waktu, bahkan hingga aku terobsesi push rank untuk mendapat rank tertinggi. Bagaimana tidak, teman-teman di lingkunganku semua mendapat rank tinggi, sehingga mau tidak mau aku harus lebih dari mereka. Hal tersebut yang membuat aku semakin berkeinginan untuk meningkatkan skill-ku dalam game ini. Sehingga aku lupa bahwa game sudah diatur oleh sebuah sistem.

Dalam Mobile Legends terdapat sistem yang sering dijumpai oleh banyak player. Beberapa player Mobile Legends menyebut sistem ini dengan sebutan "dark system". Sistem ini terjadi ketika seorang player menang sebanyak 4 kali maka ketika bermain selanjutnya dipastikan akan kalah. Dari sistem tersebutlah yang membuat kebanyakan player game ini frustasi sehingga mereka menyebut game ini "game jahanam".

Kalian ingin push rank tetapi kalian sering mendapat tim yang buruk? Atau kalian sering terkena dark system? Simak tips berikut agar kalian dapat terhindar dari gangguan mental saat bermain game ini.

Mental Aman Main Game Jahanam

Dark system merupakan sistem yang memaksa kalian berada pada kondisi yang buruk ketika bermain game, kalian akan mendapat tim yang buruk ataupun tim musuh yang lebih jago dari kalian. Akan tetapi sistem ini dapat dihindari dengan beberapa tips, yaitu berupa:

Pertama, pastikan kalian memperhatikan jam saat mulai bermain, disarankan jangan bermain pada saat jam istirahat dan jam pulang sekolah seperti siang hari maupun sore hari. Selain itu juga jangan bermain pada hari weekend apalagi malam minggu, hal tersebut karena banyak player-player di bawah umur yang skill-nya di bawah standar bermain game ini. Yang mana jika kalian bermain pada waktu-waktu di atas, potensi kalian mendapat dark sistem semakin besar.

Sehingga untuk menghindarinya kalian harus bermain pada jam-jam kerja seperti jam 7 pagi hingga jam 10 siang atau pada saat tengah malam yaitu jam 11 sampai jam 3 malam. Hal tersebut berpotensi kalian akan mendapat tim jago karena kebanyakan anak di bawah umur sudah tertidur atau sedang beraktivitas di sekolah.

Kedua, kalian dapat bermain dengan 3 teman atau 2 teman kalian dan jangan bermain full party atau bermain 5 orang. Hal tersebut dapat menghindari tim musuh yang full party juga, karena biasanya jika sudah berada di tier tinggi kalian akan mendapatkan musuh full party juga dan biasanya musuh lebih jago sehingga kesempatan menang kalian lebih sedikit. Sehingga disarankan agar bermain dengan 2-3 teman saja dan jika bermain disarankan pula untuk memanfaatkan fitur on mic agar mudah untuk komunikasi dengan sesama teman. Akan tetapi cara kedua ini lebih baik dilakukan saat sudah mencapai tier tinggi (mythic). 

Kalian dapat bermain dengan teman rumah atau komplek, teman sekolah, ataupun teman yang sering kalian temui, karena hal tersebut dapat meningkatkan chemistry ketika bermain. Ketika bermain Mobile Legends, chemistry merupakan suatu hal yang penting sehingga komunikasi akan menjadi lebih lancar dan efektif dan dapat dengan mudah berkoordinasi dalam merencanakan sesuatu pada saat bermain.

Cara ketiga ini merupakan cara yang paling efektif, yaitu kalian dapat memanfaatkan fitur feedback dalam game Mobile Legends. Dalam fitur tersebut kalian dapat memberikan laporan tentang pengalaman permainan yang kalian lakukan sebelumnya kepada sistem Mobile Legends, sehingga hal tersebut dapat membuat kalian terhindar dari dark system. 

Untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah, yaitu kalian setelah bermain dapat mengaktifkannya di atas kiri pojok pada hasil match. Setelahnya kalian dapat memilih fitur yang ada, dan kalian lakukan report jika kalian merasakan ada kecurangan ataupun hal yang mengganggu jalannya permainan.

Hal di atas tadi merupakan beberapa langkah agar kalian terhindar dari dark system. Akan tetapi disclaimer terlebih dahulu bahwa cara tersebut bukanlah cara pasti dan tidak selalu dapat berjalan mulus 100%. Akan tetapi kita dapat melakukan upaya di atas untuk menghindari potensi kita terkena dark system.

Nah itu merupakan tips agar kalian tidak stres atau terkena mental pada saat bermain game Mobile Legends, semoga tips tersebut dapat membantu dan memudahkan kalian.

Biodata Penulis:

Mohammad Radyt Fahrasya lahir pada tanggal 4 September 2005.

© Sepenuhnya. All rights reserved.