Lemari Penuh Tapi Bingung Pilih Outfit? Coba Terapkann Konsep Ini!

Kamu pasti pernah merasa bingung dan pusing buat nentuin outfit, kan? Padahal lemari sudah hampir penuh! Nah, konsep capsule wardrobe dapat ...

Kamu pasti pernah merasa bingung dan pusing buat nentuin outfit, kan? Padahal lemari sudah hampir penuh! Nah, konsep capsule wardrobe ini dapat membantu kamu supaya nggak bingung lagi!

Capsule wardrobe telah mengubah cara pandang banyak orang terhadap fashion dan kepemilikan pakaian. Berlawanan dengan tren saat ini yang cenderung konsumtif, di mana lemari pakaian sering kali dipenuhi dengan pakaian yang jarang dipakai, konsep ini mengusulkan pendekatan yang lebih minimalis dan berfokus pada model yang jangka panjang.

Apa itu Capsule Wardrobe?

Capsule Wardrobe adalah koleksi pakaian yang terdiri dari item-item dasar, bersifat netral dan dapat dipadu-padankan serta dapat digunakan di berbagai acara. Dalam capsule wardrobe biasanya terdapat pakaian, sepatu, dan aksesori yang hanya berjumlah antara 30-40 item. Tujuan utama dari konsep ini adalah memiliki jumlah pakaian yang sedikit dengan kualitas tinggi dan dapat dipakai berulang kali pada berbagai acara.

Lemari Penuh Tapi Bingung Pilih Outfit

Mengapa Capsule Wardrobe?

1. Mengurangi Kebingungan

Memiliki banyak opsi terkadang membuat kita kebingungan dalam menentukan apa yang ingin dikenakan setiap hari. Dengan meminimalisir pakaian, kamu dapat lebih mudah dalam menentukan pakaian yang ingin dikenakan. Hal ini dapat sekaligus menghemat waktu dan juga energi.

2. Menghemat Uang

Dengan memiliki pakaian yang berkualitas tinggi, kamu dapat menghemat uangnya dalam jangka panjang. Pakaian yang berkualitas tinggi cenderung akan bertahan lebih lama.

3. Mendorong Keberlanjutan

Dengan membeli pakaian yang lebih sedikit, maka kita akan mengurangi konsumsi pakaian secara berlebihan dan membantu mengurangi dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan.

4. Meningkatkan Kreativitas

Dengan terbatasnya pilihan pakaian, kamu akan ditantang untuk lebih kreatif dalam memadu-padankan item fashion yang dimilikinya sehingga menciptakan gaya yang berbeda setiap harinya.

5. Menghemat Ruang

Capsule wardrobe sangat membantu kamu yang tidak memiliki cukup banyak ruang untuk menyimpan pakaian. Contohnya seperti mahasiswa yang biasanya tinggal di kamar kos dengan satu almari kecil.

Membangun Capsule Wardrobe yang Ideal

1. Kenali Gaya Pribadi

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika ingin membangun capsule wardrobe adalah mengenali gaya pribadi. Seperti warna, potongan dan gaya yang sesuai dengan kepribadian dan bentuk tubuh kamu.

2. Pilih Item Dasar

Dalam capsule wardrobe, disarankan untuk memilih pakaian dengan item dasar dan timeless (tidak mengikuti tren). Celana Panjang hitam, kemeja putih, jaket denim, kaos polos dan sepatu hitam sering menjadi opsi yang wajib ada dalam capsule wardrobe.

3. Pilih Warna Netral

Pilih warna netral seperti hitam, coklat, putih atau abu-abu agar mudah untuk dipadu-padankan serta cocok untuk berbagai kesempatan.

4. Pertimbangkan Kebutuhan Aktivitas

Pastikan capsule wardrobe kamu mencakup pakaian yang dapat digunakan pada segala aktivitas anda, seperti bekerja, olahraga, ataupun bersantai.

Malikasari

Biodata Penulis:

Malikasari lahir pada tanggal 26 April 2004. Saat ini ia sedang menjalani perkuliahan program studi Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret.

© Sepenuhnya. All rights reserved.