Kucing: Sang Hewan Unik

Memelihara kucing memerlukan usaha dan dedikasi yang kuat. Tak jarang juga, setiap pemilik kucing selalu menaati tetuah dari kucingnya. Akibat ....

Pada seluruh belahan bumi, kita akan selalu melihat kucing. Hewan yang menggemaskan ini terkenal akan sifatnya yang cuek dan pemalas. Walau begitu, tak sedikit manusia di bumi ini memilih memelihara kucing, tentu kami juga.

Memelihara kucing memerlukan usaha dan dedikasi yang kuat. Tak jarang juga, setiap pemilik kucing selalu menaati tetuah dari kucingnya. Akibat sifat para pemilik kucing yang seperti ini, di luar sana sering kali ada candaan “Kucingmu majikanmu”. Usaha yang keras ini berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Kita sebagai pemilik kucing, merasa tenang dan nyaman melihat tingkah mereka yang random dan imut.

Kucing Sang Hewan Unik

Di balik keimutannya kucing menyimpan banyak sekali misteri. Misteri ini dapat berupa sejarah mereka hingga keunikan fisik mereka. Misteri kucing selalu membuat orang bertanya tanya hingga meneliti mengapa hewan seimut ini bisa memiliki rahasia. Oleh karena itu, kami akan menyajikan fakta unik tentang kucing yang jarang diketahui oleh umum.

1. Ahli Tidur

Kucing memang terkenal akan sifatnya yang pemalas. Kemalasannya ini terlihat dari intensnya mereka tidur. Umumnya kucing menghabiskan 70% waktu hidupnya hanya untuk tidur. Mereka tidur 2-3 kali lebih lama dari manusia. Tidur mereka yang berlarut larut ini supaya mereka dapat menghemat tenaga untuk berburu di malam hari.

2. Cucu Harimau

Wajahnya yang imut, kakinya yang mungil, dan suaranya yang lembut merupakan tipu daya mereka. Bagaimana tidak, menurut penelitian, kucing memiliki kesamaan gen sebesar 95,6% dengan harimau. Hal ini berarti mereka adalah saudara jauh dari hewan predator puncak tersebut. Kesamaan gen ini menjelaskan sifat predator mereka, seperti mengendus, mengintai, dan menerkam.

3. Mulut yang Berbeda

Kucing merupakan hewan yang patut dikasihani. Mereka tidak dapat merasakan candunya makanan manis. Hal ini karena lidah mereka tidak memiliki reseptor rasa manis. Hal ini merupakan alasan kenapa mereka lebih tertarik dengan makanan gurih dan asin. Selain itu, mereka juga tidak dapat mengunyah dengan benar. Hal ini karena rahang mereka hanya bisa naik turun, tidak seperti rahang kita yang bisa ke kiri dan ke kanan.

4. Hewan Terhormat

Kucing pada zaman Mesir Kuno merupakan hewan yang dipuja. Di zaman itu, kucing dianggap sebagai dewa dan disembah-sembah oleh masyarakat Mesir Kuno. Bahkan pemakaman mereka lebih mewah dari pemakaman zaman sekarang. Mereka dimakamkan dengan dimumikan.

5. Benda Cair

Fleksibilitas tubuh kucing sempat membingungkan para ilmuwan. Mereka mampu menempati segala wadah asal mereka muat. Tak peduli wadahnya itu bundar, kotak, bergerigi, sempit, atau apapun asal mereka nyaman mereka akan menempatinya. Sifat tubuh mereka ini, sempat diteliti oleh fisikawan dari prancis yakni Marc-Antoine Fardin pada tahun 2014. Penelitian ini hingga memenangkan penghargaan nobel.

Unik sekali bukan, sifat hewan menggemaskan ini. Dari pemalas, dewa, hingga merupakan benda cair. Keunikan inilah daya tarik mereka. Oleh karena itu, entah kalian suka atau benci dengan kucing tetaplah sayangi dengan sepenuhnya. Mereka memang mampir sejenak di kehidupan kita, tetapi bagi mereka kita bersama mereka sepanjang hidupnya. Sekian dari kami, terimakasih telah membaca. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Biodata Penulis:

Reginald Maghfirot Rammadhani Guzherra lahir pada tanggal 27 Oktober 2004.

© Sepenuhnya. All rights reserved.