7 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Libur Panjang

Libur akhir semester biasanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau bermain ke berbagai tempat wisata. Namun, tidak ...

Libur panjang akhir semester merupakan waktu yang paling ditunggu oleh kebanyakan mahasiswa di Indonesia. Libur akhir semester ini biasanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau bermain ke berbagai tempat wisata. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang memilih untuk berdiam diri di rumah sambil beristirahat dan menenangkan pikiran. Hal ini pasti akan membosankan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, bukan? Kita akan merasa bingung untuk mengisi waktu luang atau yang biasanya disebut dengan “gabut”.

Gabut ini dapat kita ubah menjadi berbagai kegiatan yang bermanfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung loh! Beberapa kegiatan ini juga dapat dilakukan hanya dengan di rumah saja, sehingga kita masih dapat menikmati waktu libur dan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut. Penasaran kegiatan apa aja yang bisa kita lakukan di rumah saat liburan?

Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Libur Panjang

Berikut beberapa tips untuk mengisi waktu luang kamu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat!!

1. Belajar Skill Baru

Saat ini belajar skill sangat penting untuk menunjang karir di masa depan. Dengan kemudahan teknologi, kita dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan ilmu hanya dengan bermodalkan gadget saja.

Skill yang dapat dipelajari yaitu bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Korea, Jepang ataupun Bahasa Mandarin. Belajar bahasa dapat diakses dengan mudah dari YouTube, aplikasi seperti Duolingo, Twitter, maupun web yang menyediakan kelas-kelas bahasa secara gratis.

Selain belajar bahasa asing, skill yang dapat dipelajari yaitu design, fotografi, dan copywriting. Saat ini kemampuan editing dan copywriting sangat dibutuhkan untuk menunjang karir kita di masa depan, karena kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang memiliki kemampuan di bidang design, fotografi, maupun copywriting. Skill seperti ini dapat didapatkan dengan mengikuti kursus online maupun belajar otodidak melalui berbagai platform gratis maupun berbayar.

2. Mengikuti Lomba dan Seminar

Kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di rumah adalah dengan mengikuti lomba dan seminar online. Lomba yang diikuti dapat dimulai dari kategori yang kita kuasai dan kita minati, seperti puisi, fotografi, dan lomba poster.

Biasanya info lomba-lomba seperti ini dapat ditemukan di platform media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook.

Selain mengikuti lomba, hal lain yang lebih mudah untuk dilakukan adalah dengan mengikuti seminar secara online. Carilah seminar yang dapat menunjang karir masa depan atau seminar yang berkualitas seperti seminar nasional. Sertifikat dari lomba dan seminar nasional tersebut nantinya dapat dicantumkan dalam CV kita. 

3. Self Care

Selain kegiatan yang menunjang karir, kegiatan yang menyenangkan serta dapat kita lakukan di rumah yaitu self care atau perawatan diri. Perawatan ini tidak harus mahal, dapat dilakukan mulai dari mandi rutin 2 kali sehari, lulur 3 kali seminggu, rajin mencuci rambut dan membersihkan bagian bagian kecil seperti gigi, telinga dan kuku dari kotoran-kotoran.

Selain itu, wajah juga harus mendapatkan perhatian khusus dengan menggunakan skincare yang sesuai setiap hari, masker wajah minimal 2 kali dalam seminggu dan melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Perawatan diri juga dapat dilakukan dengan olahraga rutin dan makan makanan yang sehat serta rajin minum air putih. Dengan tubuh yang bersih dan sehat, kita akan lebih siap menghadapi semester berikutnya.

4. Part Time

Part time merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan yang tidak dilakukan selama satu hari penuh. Berbeda dengan pekerjaan biasa, part time ini biasanya hanya dilakukan antara 6-8 jam saja sehari.

Pekerjaan part time ini sangat cocok dilakukan pada masa liburan panjang karena tidak akan menyita waktu istirahat kita.

Selain pekerjaan part time, terdapat kegiatan lain yang dapat menghasilkan uang yaitu pekerjaan remote. Pekerjaan ini lebih fleksibel dibandingkan dengan pekerjaan part time. Pekerjaan remote dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan kita. Info mengenai pekerjaan ini juga mudah didapatkan melalui media sosial, web dan aplikasi seperti Fastwork, Upwork for Freelancers dan Fiverr. 

5. Volunteer

Volunteer dapat menjadi opsi kegiatan lain yang dapat mengisi waktu libur panjang akhir semester. Volunteer merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela oleh suatu individu. Selain bermanfaat bagi sekitar, kegiatan volunteer ini juga dpat menambah relasi dan pengalaman yang menyenangkan.

Info mengenai volunteer ini juga mudah didapatkan melalui media sosial. Beberapa keagiatan volunteer memang mengharuskan kita untuk membayar sejumlah uang pada saat pendaftaran, namun ada juga kegiatan volunteer yang tidak dipungut biaya sama sekali.

6. Bikin Konten

Kegiatan yang sangat mudah, menyenangkan dan bermanfaat selanjutnya adalah membuat konten. Di era digital seperti sekarang, branding menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pekerjaan.

Dengan kemudahan teknologi, branding dapat dilakukan dengan mudah melalui pembuatan konten. Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengunggah konten yaitu TikTok. Peluang untuk mendapatkan audience pada aplikasi ini sangat besar, sehingga banyak para pembuat konten yang memilih untuk mengunggah kontennya pada aplikasi ini. Konten yang dibuat dapat disesuaikan dengan minat masing-masing. Seperti konten yang sedang ramai yaitu “a day in my life” atau mini vlog keseharian kita. Konten-konten edukasi juga banyak dibuat oleh mahasiswa untuk meningkatkan personal branding.

7. Persiapan Semester Depan

Kegiatan untuk mengisi waktu luang yang terakhir yaitu persiapan untuk menghadapi semester selanjutnya. Persiapan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan materi yang sekiranya akan dipelajari pada semester berikutnya. Materi ini dapat dilihat pada KRS atau buku masing-masing. Degan mengetahui materi apa yang akan dipelajari pada semester selanjutnya, kita sudah selangkah lebih siap untuk menghadapi semester selanjutnya.

Selain itu, persiapan peralatan seperti alat tulis, buku, dan planner untuk kegiatan semester selanjutnya juga penting dilakukan. Kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi seperti Notion untuk memudahkan. 

Malikasari

Biodata Penulis:

Malikasari lahir pada tanggal 26 April 2004. Saat ini ia sedang menjalani perkuliahan program studi Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret.

© Sepenuhnya. All rights reserved.