Berburu Berkah di Bulan Ramadan

Ramadan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai amalan ibadah seperti salat, zakat, puasa, serta ...

Bulan Ramadan adalah bulan di mana umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalam bulan Ramadan tentu kita akan melakukan puasa. Puasa Ramadan dapat diratikan dengan menjaga diri dari makan, minum maupun hawa nafsu mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Di bulan yang istimewa ini tentu kita harus meningkatkan ibadah, kebaikan, dan kebersamaan dengan sesama. Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri, seperti Lailatul Qadar, puasa, Salat Tarawih, zakat dan lain sebagainya.

Pada saat Lailatul Qadar, Al-Quran pertama kali diturunkan, dan pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup, dan setan dibelenggu. Lailatul Qadar adalah salah satu malam di bulan Ramadan yang dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan keutamaan. Pada malam ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Pada malam Lailatul Qadar, biasanya jamaah masjid yang saya ikuti akan melakukan iktikaf atau berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

Selanjutnya ada wajibnya puasa bagi umat muslim. Puasa memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk membersihkan diri secara spiritual, melatih kita untuk meningkatkan kesabaran, dan menumbuhkan rasa empati. Pada bulan Ramadan, pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup, dan setan dibelenggu. Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan pengampunan, pahala, dan keberkahan menjadi lebih besar, contohnya kita melakukan tadarus/khataman Al-Quran. 

Pada bulan Ramadan kita juga akan menjumpai Salat Tarawih. Salat Tarawih dilakukan setelah Salat Isya dan sebelum Salat Witir. Jumlah rakaatnya juga berbeda tergantung mazhab, misalnya ada yang 8 rakaat, 20 rakaat ataupun 36 rakaat. Yang selanjutnya yaitu Zakat Fitrah. Zakat ini wajib dibayarkan setiap orang. Zakat Fitrah ditunaikan saat awal bulan Ramadan dan paling lambat dilakukan sebelum Salat Idulfitri.

Berburu Berkah di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan juga mengajarkan nilai-nilai seperti kesabaran, pengendalian diri, kedisiplinan, dan keikhlasan. Dengan menjalani puasa selama sebulan penuh, umat Islam diajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu dan emosi mereka, serta meningkatkan kesadaran spiritual mereka. Selain itu, dapat meningkatkan amal kebaikan.

Bulan Ramadan menjadi bulan di mana umat Islam berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan dan bersedekah. Banyak umat Islam yang memanfaatkan bulan Ramadan untuk meningkatkan kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, mengadakan buka puasa bersama (bukber), serta menyumbang kepada berbagai amal atau yayasan yang membantu kaum duafa dan anak-anak yatim.

Dengan demikian, Ramadan adalah bulan penuh berkah karena mengandung malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan, puasa wajibnya bagi umat Islam, pintu-pintu surga yang terbuka, serta nilai-nilai dan pelajaran yang terkandung di dalamnya.

Ramadan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai amalan ibadah seperti salat, zakat, puasa, serta amalan lain seperti beritikaf, memperbanyak tadarus Al-Quran, memperbanyak berdoa dan berzikir, serta berbuat baik kepada orang lain, dapat meningkatkan pahala dan rida dari Allah. Kesempatan berkah ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena kita tidak tahu apakah dapat ikut serta dalam bulan Ramadan tahun depan.

Abelia Desta Mahestina

Biodata Penulis:

Abelia Desta Mahestina lahir pada tanggal 12 Februari 2005 di Sukoharjo. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.