Bijak dalam Bermedia Sosial

Dampak positif media sosial seperti kita dapat mengetahui informasi-informasi di berbagai daerah maupun penjuru dunia. Dan bukan hanya itu, media ...

Pada abad 20 ini perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih tentunya. Nah banyak sekali macam teknologi, salah satunya teknologi informasi. Teknologi informasi ini sebagai sarana untuk kita mengetahui berbagai informasi, atau lebih sering kita sebut dengan media sosial. Pada media sosial ini tentunya ada dampak positif dan negatifnya.

Bijak dalam Bermedia Sosial

Dampak positif media sosial seperti kita dapat mengetahui informasi-informasi di berbagai daerah maupun penjuru dunia. Dan bukan hanya itu, media sosial juga mempunyai dampak negatifnya seperti penyalahgunaan situs-situs yang bersifat negatif.

Lalu bagaimana sih cara bermedia sosial yang baik? Nah di sini akan dijelaskan bagaimana caranya bermedia sosial yang baik dan benar. Sebagai berikut:

  1. Hindari situs-situs yang berbahaya yang mengandung unsur negatif dan situs web yang menyimpang. 
  2. Jangan langsung percaya terhadap berita-berita yang hoaks dengan mencari kebenaran dari berita tersebut.
  3. Mencari sumber-sumber yang jelas kebenarannya.
  4. Memahami kelebihan dan kelemahan teknologi dengan baik.
  5. Menjaga privasi dan keamanan seperti kata sandi atau hal yang menyangkut tentang diri sendiri ke orang lain.
  6. Mengetahui batasan waktu.
Jangan terpacu terhadap teknologi karena teknologi juga belum tentu kebenarannya. Selain itu kita juga harus berteknologi dengan benar dengan cara berhati-hati dalam mencari informasi yang belum tentu benarnya seperti yang sudah disebutkan pada poin ke 2.

Karena teknologi belum pasti juga kebenarannya, dan apabila kita tidak mencari kebenarannya terlebih dahulu takutnya informasi yang kita baca itu hoaks.

Sekarang banyak sekali oknum-oknum yang sering menyebarkan berita-berita yang berbau hoaks. Maka dari itu, marilah kita memakai teknologi sesuai kebutuhan saja dan jangan pula terpacu terhadap teknologi saja.

Dengan cara berteknologi secara baik dan benar mudah-mudahan kita terhindar dari dampak negatif-negatif berteknologi.

Dan juga di zaman sekarang ini kebanyakan orang terlalu mengupayakan teknologi masa kini, padahal di masa yang kini teknologi serba maju seharusnya kita masih mengupayakan teknologi zaman dahulu guna menghemat biaya.

Biodata Penulis:

Muhammad Abdur Rozaq saat ini aktif sebagai mahasiswa di UIN Gusdur Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.