Dampak Es Teh bagi Kesehatan Apabila Dikonsumsi Terlalu Sering

Es Teh Manis merupakan minuman yang sedang menjadi perbincangan banyak orang terutama mahasiswa akhir-akhir ini, bagaimana tidak dengan harga yang ...

Es Teh Manis merupakan minuman yang sedang menjadi perbincangan banyak orang terutama mahasiswa akhir-akhir ini, bagaimana tidak dengan harga yang relatif murah hanya 3000-5000 rupiah/bungkus kamu bisa menikmati sensasi menyegarkan dari es teh sendiri, apalagi jika kita berbicara kondisi dunia apalagi Indonesia yang sedang memasuki suhu panas tertinggi sejak berpuluh-puluh tahun.

Dampak Es Teh bagi Kesehatan Apabila Dikonsumsi Terlalu Sering

Tapi tahukah kalian jika minuman yang cocok dijadikan teman di saat makan ini memiliki efek samping yang serius jika dikonsumsi terlalu sering apalagi setiap hari.

Berikut merupakan efek samping apabila kita mengkonsumsi Es Teh Manis setiap hari.

1. Obesitas

Obesitas merupakan indikator penyebab mudahnya seseorang terjangkit penyakit, apabila kita mengalami obesitas bukan tidak mungkin kita juga dapat terjangkit penyakit lain seperti, Serangan jantung, Diabetes, Stroke, Kencing Manis.

Di dalam Es Teh sendiri setidaknya mengandung 90 sampai 150 kalori bahkan bisa lebih tergantung dari kadar gula yang kita inginkan. Apabila kita terlalu sering mengonsumsi Es Teh setiap hari, bukan tidak mungkin diabetes akan mudah menyerang tubuh kita.

2. Stroke

Stroke menjadi penyakit yang ditakuti banyak orang. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya stroke adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yang dapat menimbulkan kadar Trigliserida menjadi tinggi dan berakibat terjadinya stroke.

Dampak Es Teh bagi Kesehatan

3. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang sering ditemui pada orang Indonesia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit penyakit Diabetes ini. Salah satunya adalah kadar gula darah (glukosa) melebihi nilai normal.

Kadar gula darah yang tinggi ini bisa disebabkan oleh konsumsi gula yang melebihi batas normal. Menurut Kementerian Kesehatan, kadar konsumsi seseorang hanyalah 50 gram (4 sendok makan) apabila kita mengkonsumsi terlalu banyak akan terjadi penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Seringnya penjual Es Teh Manis memakai gula yang banyak untuk 1 Tekonya agar rasa dari Es Teh itu sendiri menjadi enak sehingga laku terjual. Bahkan ada beberapa penjual yang menggunakan gula biang (buatan) yang bisa manis sampai 200 kali daripada gula pasir biasa.

4. Gagal Ginjal

Gagal Ginjal merupakan penyakit yang sangat serius dan harus segera ditanganin apabila seseorang terserang penyakit itu. Mengingat ginjal merupakan organ tubuh penting yang berfungsi menyaring racun-racun dari darah kemudian mengeluarkannya melalui urine.

Seseorang dapat terserang penyakit ini bisa bermula dari Diabetes dan pola hidup yang tidak sehat. Penyebab terjadinya penyakit ini bisa dari banyak hal salah satunya adalah Asam Oksalat yang tinggi, ini dapat menyebabkan terganggunya ginjal.

Es teh mengandung asam oksalat yang sangat tinggi. Jadi apabila dikonsumsi terlalu berlebihan maka akan menumpuk didalam ginjal dan akan mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran didalam darah.

“Es Teh penuh dengan asam oksalat yang jika dikonsumsi berlebihan akan menumpuk di ginjal dan mengganggu pekerjaan membuang limbah dari darah,” kata Scott Youngquist, M.D., seorang dokter IGD di University of Utah Health Care, dilansir dari She Finds.

Saran Agar Terhindar Dari Penyakit Tersebut

Pada umumnya Kadar Gula di dalam Es Teh adalah 26-33 gram gula, padahal batas konsumsi gula seseorang adalah 50 gram dalam sehari. Apabila kita mengkonsumsi Es Teh terlalu sering bahkan sampai 2-3 kali dalam sehari bukan tidak mungkin kita akan terserang penyakit yang sudah dijelaskan.

Saya hanya menyarankan untuk meminimalisasi meminum Es Teh ketika kita makan dan mulai menggantinya dengan air mineral yang tentunya lebih sehat dan rendah gula.

Pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi makan sembarangan dan olahraga juga dapat mencegah kita agar terhindar deri penyakit-penyakit tersebut.

Terakhir bahwa dampak penyakit yang diakibatkan oleh Es Teh itu sebenarnya ada banyak, saya hanya menjelaskan yang sering terjadi pada Masyarakat Indonesia.

Penulis: Abdullah Azzam Al-Ghifari

© Sepenuhnya. All rights reserved.