Selain Pempek, Ini 5 Makanan yang Wajib Kamu Coba Khas Sumatera Selatan!

Kuliner khas Sumatera Selatan tentunya terkenal dengan olahan ikan. Contohnya saja di Palembang yang terkenal dengan olahan ikan yaitu pempek. ...

Kuliner khas Sumatera Selatan tentunya terkenal dengan olahan ikan. Contohnya saja di Palembang yang terkenal dengan olahan ikan yaitu pempek. Selain pempek, makanan yang wajib dicoba khas Sumatera Selatan kira-kira apa ya?

Nah, jika berkunjung ke Sumatera Selatan sobat foodies dapat mencicipi makanan yang lainnya selain pempek loh. Penasaran dengan makanan khas Sumatera Selatan? Yuk simak 5 makanan di bawah ini!

5 Makanan yang Wajib Kamu Coba Khas Sumatera Selatan

1 Sambal Tempoyak

Hai sobat foodies, tahu enggak sih sambal Sumatera sangat unik dan menarik loh! Nah, makanan pertama yang wajib kamu coba yaitu sambal tempoyak.

Sambal Tempoyak

Mungkin beberapa sobat foodies enggak asing dengan tempoyak. Tempoyak merupakan olahan dari durian ditambah garam yang difermentasikan.

Sambal tempoyak memiliki cita rasa asam, pedas, dan manis dilengkapi dengan aroma durian dan tambahan ikan teri yang menambah nikmat makanan ini.

Sambal ini sangat terkenal dari Palembang, selain di sambal tempoyak juga ada yang berkuah loh! Enggak kalah enak rasanya dengan sambal tempoyak, kalau yang berkuah biasanya dipadukan dengan ikan segar seperti ikan patin ataupun nila, jadi jika ke Palembang kamu wajib cobain sambal ini karena sambal ini bisa bikin kamu ketagihan!

Tenang saja foodies ketika sudah diolah tempoyak ini rasanya tidak dominan seperti durian segar yang baru dibuka ya foodies, jadi buat kalian yang kurang suka durian bisa cobain makanan satu ini! Jangan lupa ditambah nasi ya foodies biar tambah nikmat.

2. Sambal Bekasam

Masih dengan sambal, masakan sambal yang satu ini tak jauh berbeda dengan sambal tempoyak, sambal bekasam juga sangat terkenal.

Sambal Bekasam

Sambal bekasam memiliki cita rasa yang asam sedikit asin dan sedikit unik. Sambal bekasam merupakan fermentasi dari ikan basah, nasi dan garam yang sangat cocok dijadikan sambal tumis loh sobat foodies!

Bagi orang yang baru pertama mencobanya akan merasa kaget dengan rasa masakan ini, tapi setelah yang berikutnya kalian akan ketagihan karena rasanya ketika bercampur nasi itu luar biasa foodies! Hmmm...

3. Hehancang Tehung

Sobat foodies tahu enggak sih dengan makanan yang satu ini? Terdengar sedikit asing ya sobat foodies, hehancang tehung merupakan makanan tradisional khas Lahat.

Hehancang Tehung

Kalau orang Jawa bilang hehancang tehung itu sama dengan masakan terong. Dengan rasa yang pedas, hehancang tehung akan menggoyangkan lidah sobat foodies dan membuat keringat mengucur dari kepala.

Untuk menambah kenikmatannya, hehancang tehung dicampur jamur, bumbu dan ikan asap. Namun, sayangnya, hehancang tehung sulit ditemukan karena penjual yang menjajakannya sangat sedikit.

Akan tetapi, jika berkunjung ke sanak saudara atau ke warga asli Lahat, sobat foodies akan menemukannya karena hampir setiap hari warga asli Lahat ini memasaknya.

Wah makanan yang satu ini bikin penasaran ya sobat foodies!

4. Pindang Pegagan

Nah, makanan yang satu ini pasti tak asing lagi. Akan tetapi masakan ikan pindang ini berbeda dengan masakan ikan pindang pada umumnya loh.

Pindang Pegagan

Kalau di jawa pindang itu seperti ikan asin tapi kalau di Sumatera Selatan pindang adalah olahan ikan patin segar bercampur rasa asam nanas dan daun kemangi. Rasa makanan ini perpaduan asam, gurih, dan manis, pedas berpadu di dalam satu wadah.

Ketika berkunjung ke Sumatera Selatan wajib nih cobain pindang satu ini namanya Pindang Pegagan. Segar! Apalagi ditambah dengan nasi panas loh foodies. Hmmm ngiler bukan? Yuk cobain...

5. Burgo

Sobat foodies, makanan yang wajib kamu coba ketika ke Sumatera Selatan yaitu Burgo. Sekilas mirip opor ya foodies.

Burgo

Adonan burgo terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, kemudian dimasak seperti dadar gulung tipis. Setelah itu digulung dan diiris tipis.

Umumnya, burgo disajikan dengan kuah santan gurih berbumbu bawang putih, lengkuas, kencur, kunyit, ketumbar, dan kemiri. Suwiran daging ikan atau tambahan celimpungan juga biasa ditambahkan untuk melengkapi kelezatan dari makanan khas Sumatera Selatan yang satu ini.

Dari tampilannya sangat menarik bukan? Ini hampir mirip seperti lontong sayur tapi mereka berbeda dari mana? Ya dari segi isinya kalau lontong sayur pakai ya nasi lontong kalau ini dari tepung beras ditambah sagu yang membuat adonannya sedikit kenyal namun mengenyangkan.

Oh iya makanan ini cocok buat sarapan foodies karena makanan ini ringan tapi mengenyangkan loh... wihhhhh...

Wah, sangat menarik ya makanan khas Sumatera Selatan. Sobat foodies ngiler enggak nih? Dari berbagai ulasan di atas sobat foodies tertarik dengan makanan yang mana nih?

Nah, itulah 5 makanan khas Sumatera Selatan selain pempek yang wajib sobat foodies coba! Jangan sampai menyesak tidak coba ya...

Biodata Penulis:

Putri Apriliani lahir pada tanggal 13 April 2003 di Lahat. Saat ini ia sedang menempuh jenjang S1 Pendidikan Kimia di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.