Boba Menjadi Favorit Generasi Milenial

Boba atau bubble tea merupakan minuman yang berasal dari negara Naga Kecil Asia yang biasa disebut dengan Taiwan yang dipelopori oleh .....

Boba atau bubble tea merupakan minuman yang berasal dari negara Naga Kecil Asia yang biasa disebut dengan Taiwan yang dipelopori oleh Chun Shui Tang, dan kemudian minuman boba berkembang pesat di kalangan para generasi milenial Indonesia sampai menjadi minuman favorit mereka.

Boba sendiri merupakan minuman thai tea yang diberi tambahan boba yang terbuat dari tepung dan rasanya yang cenderung manis untuk menyegarkan tenggorokan di kala kehausan.

Saat ini terdapat berbagai macam bentuk dan varian minuman yang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan milenial dan anak kecil. Jika diamati mereka menyukai atau cenderung tertarik terhadap hal yang lucu dan anti mainstream, contohnya seperti boba ini.

Pada awal munculnya boba yang masih minim para penjual, terjadi antrian yang banyak hingga membuat para pengguna jalan bertanya, “Apa sih rasanya boba yang dijual sampai antri seperti itu?”

Dan karena hal itu juga yang pada akhirnya membuat orang berbondong-bondong datang untuk membeli supaya mengetahui rasanya boba.

Boba

Ketika pengalaman saya pertama kali mencoba boba yaitu langsung teringat dengan rasanya biji salak pada es dawet. Tetapi boba teksturnya lebih kenyal dan berukuran tidak terlalu besar, sedangkan biji salak sedikit padat karena banyak menggunakan tepung terigu.

Saat meminum boba juga harus hati-hati karena ditakutkan nantinya akan tersedak karena bentuknya yang bulat membuatnya mudah meluncur ke dalam tenggorokan.

Kemudian seiring berkembangnya waktu mulai banyak bermunculan penjual boba. Banyaknya penjual boba juga tidak menjamin semua rasa pada boba sama-sama enak, sehingga terdapat para pembeli yang merasa kecewa karena sudah rela mengantri panjang dan memakan waktu yang cukup lama ternyata rasanya tidak sesuai ekspektasi.

Karena hal tersebut, perlahan muncullah resep pembuatan boba supaya bisa dibuat sendiri di rumah dan dikreasikan sesuai keinginan diri sendiri, yang tak perlu antri lama-lama, dapat juga dijadikan sebagai mukbang boba (untuk para Youtuber konten mukbang).

Apakah pembuatan boba mudah dan bagaimana cara membuatnya? Ini dia terdapat langkah-langkah cara membuat boba yang begitu praktis resep dari Fimela:

  1. Siapkan bahan: Nutrijel Coklat 1 bungkus, Tepung Tapioka 10 sdm, Gula Merah 5 sdm, dan Air Panas secukupnya.
  2. Kemudian masukkkan Tepung Tapioka dan Nutrijel Coklat ke dalam wadah, aduk rata.
  3. Rebus air secukupnya. Tuang sedikit demi sedikit ke dalamm tepung, adu rata hingga menjadi adonan yang bisa dipulung. Jika sudah tidak terlalu panas, uleni sebentar hingga lembut.
  4. Ambil sebagian adonan, buat gulungan memanjang dan potong-potong sepanjang 1 cm. Bulat-bulat satu per satu hingga habis, tabur dengan tepung tapioka agar tidak saling menempel.
  5. Rebus air hingga mendidih, masukkan boba dan masak hingga mengapung.
  6. Masak gula merah dengan 200 ml air hingga gula larut dan mendidih.
  7. Masukkan boba ke dalam gula, masak hingga air agak menyusut dan mengental, aduk terus supaya tidak menempel.

Nah, dari resep yang sudah disebutkan tadi, tetap saja ada generasi milenial yang membagikan pengalaman mereka ketika gagal membuat boba, sehingga boba menjadi lebih keras atau malah terlalu lembek yang mungkin nantinya akan sulit untuk dibentuk bulat dan menjadi seperti olahan cendol.

Tidak hanya dalam minuman saja boba bisa dikonsumsi. Boba juga dapat dikreasikan atau dijadikan campuran dalam kue, sushi, dan es krim. Tapi jika dalam proses pembuatan hanya sekedar mencampur boba dalam makanan, akan membuat rasanya menjadi aneh dan tidak bisa diterima di lidah kita.

Karena banyaknya kreasi boba tersebut membuat para penyuka boba tidak akan bosan dalam mengkonsumsi boba.

Dengan seringnya mengkonsumsi boba, apakah ada dampak tersendiri bagi tubuh kita ini yang sering kali kita berikan asupan boba yang menyegarkan dan manis itu? Di bawah ini sudah terlampir apa saja manfaat mengkonsumsi boba sampai gangguan kesehatan yang akan kita alami jika terus-terusan dalam mengkonsumsi boba secara tidak teratur dan berlebihan.

Boba memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

  1. Sumber karbohidrat kompleks
  2. Mengandung antioksidan
  3. Memberikan tubuh asupan cairan

Namun jika terlalu sering mengkonsumsi boba dapat mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan yaitu asam urat yang membuat nyeri pada persendian dan diabetes karena kandungan gula dalam minuman boba sangat tinggi.

Jika membahas kandungan gula, banyak sekali makanan dan minuman yang sedang hits mengandung gula yang sangat tinggi seperti pada pemberian topping manis dengan porsi banyak yang disukai dan dicari para milenial. Tetapi hal itu tidak disukai oleh tubuh kita karena banyak sekali kandungan gulanya yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Pada dasarnya semua yang berlebihan itu memang tidak baik bagi tubuh kita maupun keuangan kita.

Mengingat adanya bahaya dalam mengkonsumsi boba berlebihan maka kita harus mengontrol diri untuk membeli dan mengkonsumsi semua jenis makanan, karena tidak hanya boba saja yang jika dikonsumsi berlebihan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita. Namun semua makanan yang kita konsumsi yang tidak pas sesuai takaran bagi tubuh kita atau semua yang berlebihan.

Untuk itu kita tidak boleh terpancing dengan semua yang sedang trend di masa kini, boleh kita mencobanya tetapi harus tetap sesuai dengan tubuh kita dan tidak melebihi batas dari diri kita masing-masing. Seperti halnya kita mengatur pola kehidupan kita supaya lebih baik lagi dan memberi dampak positif.

Riva Maulidia Cintyawati
Biodata Penulis:
Riva Maulidia Cintyawati lahir pada tanggal 25 Maret 2004 dan bertempat tinggal di Karanganyar, Jawa Tengah.
© Sepenuhnya. All rights reserved.