Pentingnya Rasa Percaya Diri pada Remaja

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan ...

Halo kawan, tahu enggak sih apa pentingnya rasa percaya diri pada remaja? Dan bagaimana sih cara meningkatkan percaya diri itu? Berikut kami akan coba membahasnya!

Pentingnya Rasa Percaya Diri pada Remaja

Pentingnya Rasa Percaya Diri pada Remaja

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Pada masa perkembangan ini, banyak sekali remaja yang sedang mencari jati dirinya dengan memperbanyak interaksi di dunia nyata maupun di dunia maya.

Setiap individu memiliki rasa percaya diri yang berbeda-beda, ada yang memiliki rasa percaya diri yang lebih, dan ada yang memiliki rasa percaya diri yang kurang. Hal tersebut dapat mempengaruhi aktivitas yang dilakukan pada remaja dan juga mempengaruhi proses pendewasaan pada remaja.

Rasa percaya diri sangatlah penting untuk menjalani aktivitas di lingkungan sekitar. Sekarang masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa rasa percaya diri merupakan sebuah takdir atau bawaan yang tidak bisa dipelajari dan diubah, sehingga banyak orang yang malas untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Mengembangkan rasa percaya diri sangatlah penting, tetapi memiliki rasa percaya diri yang berlebihan juga tidak baik, karena menyebabkan rasa sombong atau angkuh. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam hal pengembangan media edukasi peningkatan rasa percaya diri bagi remaja akhir.

Lalu bagaimana sih cara menumbuhkan rasa percaya diri itu? Nah berikut ada 4 cara menumbuhkan rasa percaya diri:

1. Mindfulness

Adalah kesadaran yang muncul dari memperhatikan dengan sengaja, pada saat ini, dan tanpa menghakimi. Langkah-langkah untuk mewujudkan mindfulness sebagai berikut:

  • Sadar akan kesadaran diri dengan cara mengamati diri sendiri dan lingkungan;
  • Memulai dengan sensasi tubuh, rasakan kaki dan kaki, perut dan dada, lengan, leher, serta kepala;
  • Perhatikan napas mengalir masuk dan keluar serta sensasi natural yang kerap tidak kamu sadari;

2. Ikuti Proses, Risiko, dan Membuat Kesalahan

Biasakan diri untuk belajar mengambil risiko atau membuat suatu kesalahan. Karena hal tersebut termasuk keluar dari zona nyaman. Karena hal tersebut secara tidak langsung akan memperluas batasan pada diri sendiri yang akan membangun tumbuhnya rasa percaya diri.

3. Berpikir Positif

Berpikir adalah sesuatu yang penting untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa diri kita pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Maka dari itu usahakan juga untuk berada dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung.

4. Beralih ke Makanan Sehat dan Berolahraga

Pasti di antara kalian banyak nih yang kurang percaya diri dengan bentuk badan yang kurang ideal. Nah, untuk keluar dari masalah tersebut mulailah untuk mengatur pola makan dan berolahraga. Asupan gizi seimbang dan pola hidup sehatlah yang membuat pikiran menjadi positif.

Nah, itulah pentingnya rasa percaya diri pada remaja. Jadi rasa percaya diri itu berpengaruh juga dalam bermasyarakat dan dalam kehidupan sehari-hari.

Biodata Penulis:

Avina Yulisa lahir pada tanggal 13 Juli 2002 di Ponorogo.

© Sepenuhnya. All rights reserved.