Menangis Bukanlah Kelemahan, Melainkan Bentuk Kekuatan Mental

Menangis Bukanlah Kelemahan | Ternyata menangis itu bukanlah suatu kelemahan tetapi memiliki berberapa manfaat baik untuk kesehatan mental dan ...

Menangis seringkali kita lakukan ketika menghadapi suatu masalah dan cobaan dalam hidup. Rasa sedih, kecewa, marah bahkan bahagia pun dapat diluapkan dengan menangis.

Namun, orang yang meluapkan emosinya melalui menangis masih sering dianggap lemah oleh beberapa orang. Apalagi, orang yang mudah mengekspresikan dirinya dengan menangis seringkali mendapatkan dijuluki sebagai orang yang lemah.

Julukan ini biasanya dilakukan oleh orang lain yang tidak menyukai orang di sekitarnya mudah mengekspresikan dirinya dengan menangis. Apakah orang yang meluapkan perasaan dengan menangis terlihat selemah itu?

Menangis Bukanlah Kelemahan

Ternyata menangis itu bukanlah suatu kelemahan tetapi memiliki berberapa manfaat baik untuk kesehatan mental dan raga kita. Saya pernah membaca jurnal yang berjudul "Menangis dalam Prespektif Kesehatan" jurnal ini membahas tentang menangis. Isi jurnal tersebut membahas bahwa menangis itu dapat melindungi dan menjaga kesehatan mata.

Kesehatan mata ternyata dapat terjaga dengan menangis karena jika seseorang menangis maka virus dan bakteri dalam mata akan terangkut sehingga mata akan menjadi lembab serta virus dan bakteri tersebut dapat keluar dari mata. Hal ini merupakan sisi positif bahwa menangis bukan membuat seseorang terlihat lemah justru memiliki manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mata.

Pada segi kesehatan mental menangis merupakan wujud untuk mengekspresikan diri yang dapat meredakan stress dan membuat perasaan menjadi lebih lega.

Stress biasanya timbul dari ketegangan yang disebabkan oleh pikiran-pikiran dalam otak seseorang yang terhubung dengan syaraf-syaraf dalam tubuh manusia. Menangis akan menimbulkan syaraf-syaraf stress yang tegang akan melonggar sehingga membuat perasaan yang tadinya ikut tegang menjadi lebih lega.

Perasaan lega inilah yang membuktikan bahwa dengan menangis tidak selamanya dilakukan oleh seseorang yang lemah. Namun ini menunjukan bahwa seseorang itu menjadi lebih kuat setelah meluapkan perasaanya melalui menangis.

Pada intinya menangis bukanlah pertanda seseorang itu lemah tetapi menangis memiliki berbagai manfaat bukan sekedar wujud mengekspresikan diri atau bukan suatu wujud kelemahan. Justru dengan menangis seseorang dapat merasa lebih siap dan tegar dalam menghadapi permasalahan.

Adakalanya hidup tidak selalu diwarnai dengan hal yang kita inginkan terkadang cobaan dan permasalahan hidup datang. Jangan takut untuk mengekspresikan diri dengan menangis. Jangan takut untuk dijuluki sebagai orang yang lemah karena menangis bukanlah suatu kelemahan.

Biodata Penulis:

Hasna Nurfadhila lahir di Kebumen. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan S1 di Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sebelas Maret.

© Sepenuhnya. All rights reserved.