Puisi: Selepas Hujan, Apa yang Tergenang? (Karya Nanang Suryadi)

Puisi "Selepas Hujan, Apa yang Tergenang?" karya Nanang Suryadi menyajikan sebuah meditasi tentang kota, memori, dan refleksi pribadi dalam suasana ..
Selepas Hujan, Apa yang Tergenang?
: menyapa heri latief

selepas hujan, apa yang tergenang? di aspal basah ada yang menanda jejak, kian lamat

sepanjang jalan itu, jakarta yang bising dan lampu sayu malu-malu, kita menelusur malam menemu mimpi-mimpi besar

malabar-cikini, bulan bundar di langit, dan aku menulis sajak sepanjang jalan, untuk kekasihku yang jauh

sepanjang jalan yang selalu kuingat, deru bajaj, deru taksi, deru sepeda motor bersliweran menantang waktu, menantang waktu

Malang, 31 Maret 2011

Analisis Puisi:

Puisi "Selepas Hujan, Apa yang Tergenang?" karya Nanang Suryadi menyajikan sebuah meditasi tentang kota, memori, dan refleksi pribadi dalam suasana malam setelah hujan. Dengan menggunakan gambaran visual dan audio yang kuat, puisi ini menggali perasaan yang ditinggalkan oleh hujan dan bagaimana kota serta kenangan berinteraksi dalam gelap malam.

Jejak dan Peninggalan

Puisi dimulai dengan pertanyaan, "selepas hujan, apa yang tergenang?", yang mengundang pembaca untuk mempertimbangkan apa yang tersisa setelah hujan berhenti. "Di aspal basah ada yang menanda jejak, kian lamat" menggambarkan jejak yang tertinggal di jalanan basah, mencerminkan bagaimana hujan meninggalkan bekas yang bisa memudar seiring waktu. Ini bisa diartikan sebagai metafora untuk kenangan dan pengalaman yang tergenang dalam hidup kita.

Suasana Kota dan Kenangan

"Sepanjang jalan itu, jakarta yang bising dan lampu sayu malu-malu" menunjukkan suasana kota Jakarta yang terus-menerus berdenyut, meskipun dalam kegelapan malam. Gambaran ini menyoroti kontras antara kehidupan kota yang bising dan suasana malam yang tenang namun penuh dengan kesan emosional.

"Malabar-Cikini, bulan bundar di langit" memberikan elemen lokal dan waktu tertentu, memperkuat rasa tempat dan nostalgia. Penulis menyebutkan "malabar-cikini" yang mengindikasikan lokasi spesifik di Jakarta, dan "bulan bundar di langit" menambah suasana malam yang intim dan reflektif.

Penulisan dan Cinta Jarak Jauh

"Dan aku menulis sajak sepanjang jalan, untuk kekasihku yang jauh" menunjukkan penggunaan puisi sebagai bentuk ekspresi dan komunikasi dengan seseorang yang berada jauh. Menulis sajak di jalan-jalan Jakarta menjadi cara untuk menyampaikan perasaan dan kenangan kepada kekasih, memperlihatkan hubungan antara kreativitas, cinta, dan pengalaman pribadi.

Dinamika Kota dan Tantangan Waktu

"Deru bajaj, deru taksi, deru sepeda motor bersliweran menantang waktu" menggambarkan suara kota yang terus bergerak dan menantang waktu. Dengan menyebutkan berbagai kendaraan, puisi ini menggambarkan dinamika dan kebisingan kota yang kontras dengan ketenangan malam setelah hujan. Ini menyoroti bagaimana kehidupan kota berlanjut dan bersaing dengan waktu, serta bagaimana kenangan dan pengalaman personal terjalin dalam konteks tersebut.

Puisi "Selepas Hujan, Apa yang Tergenang?" karya Nanang Suryadi menyajikan pandangan mendalam tentang kota Jakarta, memori, dan cinta dalam suasana malam. Dengan menggambarkan jejak yang tersisa setelah hujan dan suara kota yang terus-menerus, puisi ini menggambarkan perasaan yang terhubung dengan pengalaman personal dan kenangan. Melalui penggunaan simbolisme dan visual yang kuat, puisi ini mengajak pembaca untuk merenungkan bagaimana hujan, malam, dan kehidupan kota membentuk jejak emosional dalam hidup kita.

Puisi
Puisi: Selepas Hujan, Apa yang Tergenang?
Karya: Nanang Suryadi
© Sepenuhnya. All rights reserved.