Ada yang baru nih dari Songmont! Tas Elegan dengan Kualitas Terbaik

Puisi: Sang Kekasih (Karya Syamsu Indra Usman)

Puisi "Sang Kekasih" karya Syamsu Indra Usman menggambarkan perasaan rindu dan kehilangan terhadap seseorang yang telah pergi.
Sang Kekasih

Yang sering kali
menghantui setiap perasaan
adalah peristiwa dan rasa rindu
yang berada dalam segumpal hati
yang tak mampu mengubur
nama sang kekasih
yang dulu telah lama pergi.

Jakarta, 1980

Analisis Puisi:

Puisi "Sang Kekasih" karya Syamsu Indra Usman adalah karya yang menggambarkan perasaan rindu yang mendalam terhadap seseorang yang telah pergi.

Tema Rindu dan Kehilangan: Tema utama yang diangkat dalam puisi ini adalah rindu dan kehilangan. Pelaku puisi merasa terhantui oleh perasaan rindu yang tak kunjung sirna terhadap sang kekasih yang telah lama meninggalkannya. Rindu tersebut membentuk segumpal hati yang terus-menerus mengingat dan merindukan sosok kekasih yang telah tiada.

Ketidakmampuan Mengubur Kenangan: Puisi ini menggambarkan ketidakmampuan pelaku puisi untuk mengubur kenangan tentang sang kekasih. Meskipun sang kekasih telah pergi, namanya tetap melekat dalam ingatan dan hati pelaku puisi, sehingga sulit untuk melupakan dan melanjutkan hidup tanpa kehadirannya.

Penggunaan Bahasa yang Sederhana: Puisi ini menggunakan bahasa yang sederhana namun kuat dalam menyampaikan perasaan yang mendalam. Pilihan kata-kata yang singkat namun bermakna memberikan kesan keintiman dan kejujuran dalam ungkapan perasaan pelaku puisi.

Atmosfer Melankolis: Atmosfer puisi ini terasa melankolis dan penuh dengan kesedihan. Penggunaan kata-kata yang menggambarkan perasaan terhantui dan segumpal hati yang tak mampu mengubur kenangan menciptakan suasana yang suram dan penuh kepedihan.

Kehadiran Sang Kekasih sebagai Penyulut Rindu: Meskipun sang kekasih telah pergi, namun kehadirannya masih terasa kuat dalam ingatan dan perasaan pelaku puisi. Sang kekasih menjadi penyulut rindu yang terus-menerus menghantui dan mengganggu ketenangan pikiran pelaku puisi.

Puisi "Sang Kekasih" adalah sebuah karya yang menggambarkan perasaan rindu dan kehilangan terhadap seseorang yang telah pergi. Dengan penggunaan bahasa yang sederhana namun kuat, puisi ini berhasil menyampaikan kompleksitas emosi dan keadaan psikologis pelaku puisi yang terhantui oleh kenangan sang kekasih.

Puisi
Puisi: Sang Kekasih
Karya: Syamsu Indra Usman

Biodata Syamsu Indra Usman:
  • Syamsu Indra Usman lahir pada tanggal 12 Oktober 1956 di Lahat, Sumatera Selatan.
© Sepenuhnya. All rights reserved.