Ada yang baru nih dari Songmont! Tas Elegan dengan Kualitas Terbaik

Puisi: Bisikan Malaikat (Karya Syamsu Indra Usman)

Puisi "Bisikan Malaikat" karya Syamsu Indra Usman mengangkat tema kematian dan pertanda-pertanda yang mungkin mengisyaratkan akan kedatangannya.
Bisikan Malaikat

          Telah berkali-kali
Bisikan malaikat kudengar
          Tanda-tanda kematian
Telah dikirim sebelumnya
          Dan kini semakin terasa

Lubuk puding, 2010

Sumber: Bisikan Malaikat (2012)

Analisis Puisi:

Puisi "Bisikan Malaikat" karya Syamsu Indra Usman adalah sebuah karya yang mengangkat tema kematian dan pertanda-pertanda yang mungkin mengisyaratkan akan kedatangannya.

Kesadaran Akan Kematian: Puisi ini mencerminkan kesadaran akan kematian yang mungkin dimiliki oleh pelaku puisi. Terdapat pengakuan bahwa pelaku telah beberapa kali mendengar bisikan malaikat yang dianggap sebagai tanda-tanda akan kedatangan kematian. Kesadaran akan keterbatasan hidup dan akhir dari segala sesuatu menjadi tema sentral dalam puisi ini.

Keberadaan Bisikan Malaikat: Bisikan malaikat dalam puisi ini dianggap sebagai penanda atau pertanda akan datangnya kematian. Meskipun bisikan tersebut telah terdengar berkali-kali sebelumnya, namun semakin lama semakin terasa dan semakin kuat. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku puisi merasakan kehadiran atau tekanan dari kematian yang semakin mendekat.

Penggunaan Bahasa Simpel: Penulisan puisi ini menggunakan bahasa yang simpel namun mengena. Pilihan kata-kata yang sederhana namun padat memberikan kesan lugas dan langsung dalam menyampaikan pesan tentang kematian dan pertanda-pertanda yang dianggap oleh pelaku puisi.

Nuansa Misterius dan Mistis: Puisi ini juga menciptakan nuansa misterius dan mistis melalui penggunaan konsep bisikan malaikat sebagai penanda kematian. Hal ini menambahkan dimensi spiritual dan religius dalam pengalaman pelaku puisi terhadap kematian.

Kesimpulan yang Terbuka: Puisi ini tidak memberikan kesimpulan yang pasti atau penjelasan mendalam tentang arti sebenarnya dari bisikan malaikat dan tanda-tanda kematian. Sebaliknya, puisi ini lebih menyoroti pengalaman dan perasaan pelaku puisi terhadap pertanda-pertanda tersebut, memberikan kesan bahwa kematian adalah sesuatu yang misterius dan tak terhindarkan.

Puisi "Bisikan Malaikat" merupakan sebuah karya yang mengangkat tema kematian dan pertanda-pertanda yang mengisyaratkan akan kedatangannya. Dengan penggunaan bahasa yang simpel namun mengena, puisi ini berhasil menyampaikan kesadaran akan kematian dan pengalaman pelaku puisi terhadap bisikan malaikat sebagai tanda-tanda kematian yang semakin terasa.

Puisi
Puisi: Bisikan Malaikat
Karya: Syamsu Indra Usman

Biodata Syamsu Indra Usman:
  • Syamsu Indra Usman lahir pada tanggal 12 Oktober 1956 di Lahat, Sumatera Selatan.
© Sepenuhnya. All rights reserved.