Tips Ajukan Pinjaman Uang Online dengan Aman

Tidak ada yang salah jika Anda juga ikut menggunakan pinjaman uang secara online. Hanya saja, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih ...
Terjadinya inflasi membuat barang kebutuhan pokok naik setiap tahun. Hal tersebut yang mendorong masyarakat berusaha memenuhi kebutuhannya meskipun dengan cara mengandalkan pinjaman uang online.

Tidak ada yang salah jika Anda juga ikut menggunakan pinjaman uang secara online. Hanya saja, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih perusahaan pinjaman uang yang tepercaya terutama yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Tips Ajukan Pinjaman Uang Online dengan Aman

Hal tersebut sebagai salah satu jaminan bahwa perusahaan tersebut sudah dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip keuntungan ekonomi semata tetapi juga menjalankan upaya perlindungan terhadap konsumen seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang.

Berikut ini adalah beberapa tips mengajukan pinjaman uang online dengan aman:

1. Pilih Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan bahwa semua fintech yang beroperasi di Indonesia wajib terdaftar atau tercatat di OJK. Hal tersebut sudah dituangkan dalam Peraturan OJK No.13/POJK 02/2018 tentang inovasi keuangan digital di sektor keuangan yang diterbitkan pada tanggal 16 Agustus 2018.

OJK merupakan wakil pemerintah dalam sektor jasa keuangan digital yang bertanggung jawab serta memberikan rasa aman dan perlindungan terhadap konsumen.OJK juga bertindak sebagai pengawas yang menertibkan fintech abal-abal yang hanya bertujuan untuk mengeruk keuntungan.

2. Pilih Perusahaan yang Memberikan Bunga Rendah

Beberapa tahun belakangan ini memang marak fintech yang menawarkan pinjaman uan online hanya melalui aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Namun, tidak semua fintech memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah.

Salah satu masalah yang terjadi, fintech yang tidak terdaftar di OJK kerap memanfaatkan masyarakat awam dengan membebani dengan bunga yang tinggi. Sebagai perbandingan, lembaga konvensional memberikan bunga pinjaman antara 1-3 % per bulan.

Persentase tersebut bisa menjadi ukuran untuk memilih fintech yang memberikan bunga rendah kepada konsumennya.

3. Pilih Perusahaan yang Transparan

Meskipun berbasis digital dan bisa diketahui produknya secara online melalui situs resminya, kerap kali masih ada fintech yang tidak transparan soal ketentuan yang harus diketahui oleh calon konsumen.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus dicantumkan secara transparan kepada khalayak umum seperti persyaratan, bunga pinjaman, bunga keterlambatan, biaya administrasi, serta biaya-biaya lain yang tersembunyi.

Jika informasi tersebut sulit ditemukan bahkan tidak ada di halaman pertama situs resminya, Anda patut curiga dengan situs fintech tersebut.

4. Pilih Perusahaan yang Punya Sistem Keamanan dan Perlindungan Data Konsumen

Maraknya penjualan data dalam dunia perbankan menuntut perusahaan digital pun membangun ekosistem baru yang lebih aman. Agar, tidak ada penyalahgunaan data apalagi dijual kepada pihak ketiga.

Aturan OJK sudah jelas bahwa data-data konsumen yang disubmit harus terjaga dan menjadi rahasia perusahaan yang tidak boleh diperjualbelikan.

5. Pilih Kredivo sebagai Teman Andalanmu

Beberapa poin yang sudah disebutkan sebetulnya sudah tercermin dari salah satu fintech pinjaman uang online yang bisa diandalkan yaitu Kredivo.

Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Hal tersebut menunjukkan bahwa semua transaksi menggunakan Kredivo dijamin aman.

Data-data yang disubmit juga sudah terenkripsi dengan baik. Setiap melakukan transaksi dibekali dengan sistem keamanan one time password (OTP) yang dikirimkan langsung ke HP pengguna sehingga akan terverifikasi dengan aman.

Bunga pinjaman uang online di Kredivo cukup rendah hanya 2,95% saja perbulan dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Wujudnya ada pada pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Keduanya hanya berbeda di sisi tenor dan plafon yang diberikan.

Syarat pendaftarannya cukup mudah yaitu, WNI berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Oleh karena itu, jika ingin mengajukan pinjaman tanpa rasa khawatir, unduh saja aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App store langsung di smartphone Anda.
© Sepenuhnya. All rights reserved.